Potensi Kelapa menjadi Kembang Gula



Kelapa menjadi salah satu hasil pertanian terbesar di desa batang-batang daya. Sebagain besar penduduk batang-batang daya tidak mengolahnya menjadi produk yang ekonomis. Akan tetapi para penduduk setempat menjualnya secara langsung. Meskipun ada sebagian penduduk menamfaatkan kelapa sebagai minyak, namun hal itu hanya berbatas untuk kepentingan diri sendiri. dan tentu saja kelapa yang selama ini menjadi hasil pertanian terbesar tersebut belum mampu mengangkat perekonomian masyarakat batang-bantang daya.
Karena permasalahan tersebut kami menawarkan kepada penduduk khususnya ibu-ibu PKK sebuah produk yang mudah dibuat dan bernilai ekonomis. Produk yang kami tawarkan adalah produk kembang gula kelapa. Kami memilih produk kembang gula kelapa sebagai produk yang kami tawarkan karena pembuatan gula kelapa yang mudah dibuat. Agar tidak monoton Kami melakukan inovasi dengan beberapa rasa dan pengemasan yang lebih menarik. Sehingga produk kembang gula yang kami buat tidak sama dan tidak biasa seperti kembang gula kelapa lainnya. Diharapkan dengan adanya produk ini akan membuka kesadaran dan semangat bagi para penduduk untuk melakukan pemanfaatan kelapa yang lebih berharga ekonomis dengan penenerapan produk kembang gula. Sehingga penduduk tidak menjual kelapa dengan bentuk kelapa saja, akan tetapi dapat dijual dalam bentuk produk yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat batang-batang daya.
Untuk awal pemasaran kami menargetkan di tempat pariwisata yang terbesar di wilayah kecamatan batang-batang . Tempat yang kami pilih adalah di pantai lombeng. Seperti yang sudah diketahui, bahwa pantai wisata lombeng adalah sebuah pantai wisata yang sudah terkenal di daerah madura. Banyak para pengunjung yang menikmati keindahan pantai lombeng. Mengingat pantai yang tidak pernah terlepas dari pohon kelapa. Selain itu tempat pariwisata pantai lombeng dekat dengan desa batang-batang daya. Sehingga menurut kami pantai wisata lombeng sangat strategis untuk digunakan sebagai tempat pemasaran produk kami.

Comments

Popular Posts